100+ Tempat Kuliner di Surabaya Paling Terlaris dan Terenak yang Wajib Dikunjungi
//GOOGLE
Bagikan ke traveler lainnya atau simpan artikel ini di sosial media kamu!

KelilingKota.com – Dari 29 kabupaten dan 9 kota yang ada di Provinsi Jawa Timur, masing-masing memiliki kuliner khas wilayahnya. Beruntung bagi masyarakat Surabaya atau kalian yang sedang berkunjung ke Surabaya. Karena ketika kalian menikmati beberapa wisata kuliner di Surabaya, biasanya restoran di Surabaya tersebut juga menyediakan makanan-makanan khas dari luar kota Surabaya di jawa timur. Tentunya kita tidak perlu berkeliling ke seluruh Jawa Timur untuk merasakan satu persatu makanan khas provinsi ini.

Mulai dari olahan bebek goreng, lontong balap, rujak cingur, pecel, sate, dan berbagai macam makanan lainnya bisa dengan mudah kalian dapatkan di Surabaya. Tinggal klik KelilingKota.com dan cari makanan apa yang sedang kalian inginkan. Adalah hal yang wajib bagi setiap wisatawan atau traveler untuk mencoba minimal 3 macam kuliner di Surabaya. Mengapa? Karena citarasa masakan Jawa Timur sangat berbeda dengan provinsi lain, seperti contohnya Jakarta dan Bandung. Ada yang bilang masakan khas Jawa Timur itu gurih-gurih asyik. Bikin kangen pokoknya!

Nah, di bawah ini adalah review lebih dari 100 restoran dan kuliner di Surabaya dari Tim Keliling Kota, yang bisa kalian simpan dan kalian coba suatu saat nanti.

 

1. Bebek Goreng Harissa, Kuliner Juara Dunia dari Surabaya

Olahan bebek gurih dengan paduan sambal pencit yang super pedas membuat restoran di Surabaya ini selalu ramai dikunjungi pembeli. Terutama saat jam istirahat kantor dan jam makan malam. Bebek Goreng Harissa memiliki nilai tambah dibandingkan restoran olahan bebek lainnya di Surabaya, yaitu di penyediaan tempat makan. Jika dibandingkan dengan kuliner bebek lain di Surabaya, Bebek Goreng Harissa memberikan tempat paling nyaman dan cozy.

Hanya dipatok dengan harga mulai Rp 20.000 untuk 1 potong bebek, dan untuk ayam hanya Rp 15.000, itupun sudah termasuk pilihan aneka macam sambal yang super pedas dan menggoda. Duet maut banget antara ayam + sambal atau bebek + sambal.

Sumber : wijanarko.net

 

Sumber : cdninstagram.com

 

Sedangkan untuk harga minuman hanya dipatok mulai dari Rp 2.000 sampai Rp 13.000 saja. Sangat terjangkau tentunya untuk kuliner se-enak ini.  Surabaya yang paling mudah di akses yaitu di jalan Ir Soekarno MERR atau di jalan Ahmad Yani. Dua-duanya mampu memberikan tempat nyaman dan cozy serta pelayanan yang sangat baik.

Buka mulai pukul 10.00 sampai pukul 23.00 bisa jadi alternatif pilihan jika tiba-tiba kita lapar saat malam. Jangan lupa coba bebek sambel koreknya ya, tapi khusus kalian yang suka pedas aja. Kalau yang ngga kuat pedas, jangan coba-coba! Simak ulasan lengkapnya…

 

2. Soto Ayam Lamongan ‘Cak Har’ – Spesialis Soto Koya Surabaya

Untuk sebuah warung soto ayam, tentu Soto Lamongan Cak Har terbilang sangat berbeda. Bagaimana tidak, selain menyediakan tempat makan yang nyaman dan cozy bahkan bisa dibilang mirip cafe, tempat duduk juga sangat banyak, parkiran luas dan ramainya jangan ditanya. Apalagi saat jam istirahat kantor dan jam makan malam.

Menjadi salah satu kuliner yang wajib kalian kunjungi di Surabaya. Karena tidak akan kalian temukan di kota lain, kecuali cabangnya Soto Cak Har sendiri. hehehe

Sumber : niyasyah.com

 

Buka mulai pagi banget pukul 07.00 sampai malam banget pukul 23.00, Soto Ayam Lamongan Cak Har adalah kuliner di Surabaya yang tidak pernah sepi. Bahkan meskipun parkirannya begitu luas, saat waktu tertentu masih saja mobil-mobil meluber ke jalan. Apalagi saat bulan Ramadhan.

Tidak heran jika selalu ramai, untuk seporsi Soto Ayam Lamongan dengan porsi yang cukup membuat perut menyerah hanya dibandrol dengan harga Rp 18.000. Nasi yang punel, kuah yang sedap, daging ayam yang relatif lebih banyak dari soto ayam lain, ditambah koya yang bisa kita atur porsinya. Super nikmat! Kalian bisa memesan nasi + soto campur ataupun nasi dan soto dipisah.

Sumber : doubletrackers.com

 

Jika belum puas dengan seporsi soto ayam, kalian juga bisa memesan pretelan tulang belulang ayam yang masih menempel sedikit daging dan kulit. Letak keseruannya adalah perjuangan menghabiskan daging dan kulit yang masih menempel di tulang ayam tadi dengan balutan kuah soto yang nikmat.

Setelah selesai dan menyerah menyantap menu utama kalian, silakan menghabiskan es teh dengan porsi yang lumayan besar. Penutupan yang sangat melegakan, setelah makan soto pedes, creamy, gurih, kemudian ditutup dengan minum es teh segar. Simak ulasan selengkapnya…

 

3. Dimsum Suki XL MERR – Pilihan Kuliner Dimsum Halal Harga Ekonomis

Bagi pecinta Dimsum dan Suki, hal yang paling utama menjadi penghalang memakan kuliner lezat ini adalah faktor “H”, iya harga. hehe. Kemudian yang kedua bagi seorang muslim adalah faktor “H” juga, halal atau tidak? Karena beberapa restoran Dimsum dan Suki di tanah air tidak bisa memberikan sertifikasi halal bagi penikmatnya. Mungkin karena 2 faktor “H” ini pemilik restoran mendirikan Dimsum Suki XL  Surabaya. Sebagai alternatif bagi pecinta Dimsum Suki yang ingin kuliner halal lagi murah.

Sumber : diarysivika.com

 

Sumber : Foody.id

 

Berada di jalan besar Ir Soekarno atau MERR, tidak sulit untuk menemukan tempat ini. Sehingga tidak heran jika restoran dimsum ini selalu ramai dipadati pengunjung. Selain enak dan halal lagi murah, alasan lain adalah tempat parkirannya yang cukup luas, tempat duduk lumayan banyak sehingga tidak perlu antri. Dan juga ada ruangan outdoor dan indoor ber-AC. Cozy banget deh pokoknya.

Oh iya, sebelumnya sudah pada tahu belum bedanya Dimsum dan Suki? Beda lho, nanti dikiranya sama. hehe

Kalau dimsum di resto Dimsum Suki XL MERR ini wadahnya dari besek atau bambu, kalau untuk suki  macam-macamnya berdasarkan warna wadahnya yang warna-warni. Untuk menyantap suki juga tidak nikmat jika langsung dimakan tanpa kuah, jadi berbeda dengan dimsum. Suki harus ada kuahnya agar terasa nikmat.

Sumber : diarysivika.com

 

Sumber : diarysivika.com

 

Harganya pun berbeda, untuk dimsum semua rata dipatok dengan harga Rp 11.000 saja. Sedangkan untuk suki tergantung dari wadahnya. Yang paling mahal adalah wadah berwarna merah. Tentu ini yang paling enak. hehe

  1. Suki Wadah Merah Rp 21.000
  2. Suki Wadah Orange Rp 19.000
  3. Suki Wadah Hijau Rp 18.000
  4. Suki Wadah Pink Rp 17.000
  5. Suki Wadah Biru Rp 15.000
  6. Suki Wadah Krem Rp 13.000
  7. Suki Wadah Sayur Rp 8.000

Ketika baru masuk resto, kalian akan dihadap oleh sebuah rombong tempat menata dimsum. Disini kalian bisa menunjuk sesuka hati dimsum yang diinginkan. Tapi jangan kalap ya, ingat budget. hehehe. Untuk menikmati suki, kalian bisa memanggil pelayan untuk mengambilkan di lemari kulkas, dan menyiapkan alat memasak serta kuahnya.

Apa saja menu rekomendasi di resto Dimsum dan Suki XL Merr Surabaya? Simak ulasan selengkapnya…

 

4. Pakuwon Food Festival – Surganya Kuliner Jawa Timur

Menjelajahi semua kuliner khas jawa timur pasti membutuhkan waktu berhari-hari, karena begitu banyaknya. Mulai kota paling ujung timur Banyuwangi sampai ke Ngawi di batas barat provinsi Jawa Timur masing-masing memiliki kuliner khasnya. Karena alasan inilah, Pakuwon Food Festival Surabaya menyediakan satu tempat wadah berkumpulnya berbagai macam makanan khas Jawa Timur khususnya makanan khas Surabaya. Semua jenis kuliner di Surabaya bisa kalian temukan disini, kupang lontong, lontong balap, nasi bakar, aneka sate, tahu campur, bakso bisa jadi pilihan makanan favorit di Pakuwon Food Festival. Tidak perlu pergi jauh-jauh.

Sumber : kompasiana.com

 

Tidak hanya makanan khas Jawa Timuran, makanan khas luar negeri seperti chinese food, burger, steak, spaghetti bisa kalian temukan disini. Ratusan penjual tertata rapi mengitari kursi dan meja pengunjung. Yang paling mengherankan tempat ini begitu ramai, saking ramainya saat akhir pekan pengunjung yang datang kesini bisa mencapai 11 ribu orang perhari.

Sumber : justgola.com

 

Untuk makanan penutup juga ada tahu petis, bubur sumsum dan jagung bakar sebagai makanan pencuci mulut tradisional. Bukan hanya makanan, minuman tradisional seperti wedang jahe dan ronde juga ada disini.

Bagi kalian yang membawa anak-anak, ajak mereka main ke arena bermain. Ada berbagai macam wahana bermain anak yang aman, seperti kereta kelinci, corrousel, trampoline, sepeda tandem dan horse riding.

Kenyamanan disini semakin terasa karena ada fasilitas yang sangat membantu seperti toilet, WiFi dan musholla. Jadi tidak perlu bingung lagi keluar area jika membutuhkan fasilitas-fasilitas penting tersebut. Simak ulasan selengkapnya…

 

5. Lezatnya Ice Cream Zangrandi yang Melegenda

Berdiri sejak tahun 1930 saat Belanda masih menguasai Indonesia, cafe ini dulunya merupakan tempat nongkrong orang-orang Belanda di Surabaya. Sehingga tidak salah jika cafe ini memiliki nilai sejarah yang tinggi. Pemilik cafe pun mencoba mempertahankan keaslian bangunan kafe Ice Cream Zangrandi di dekat Balaikota Surabaya. Tidak heran jika pengunjung disini juga banyak kakek nenek, tidak hanya di dominasi kaum remaja. Mungkin mereka ingin bernostalgia ya. hehehe

Sumber : diarysivika.com

 

Kelebihan Ice Cream Zangrandi adalah rasanya yang lembut, tidak eneg dan tentu tidak bikin batuk. Cocok dinikmati di tengah panas dan gerahnya kota Surabaya. Tidak hanya menyediakan menu ice cream, disini juga ada beberapa menu dessert seperti risoles dan pastel.

Menu ice cream yang ditawarkan sangat banyak, jadi paling tidak besok-besok kalian harus kembali untuk mencoba menu lain. Tapi biasanya yang paling banyak diminati adalah ice cream Love Deal. Memiliki bentuk bulat, ice cream ini diletakkan di salah satu wadah berbentuk “Love”. Total isi scoop 6 buah, dengan 4 varian rasa berbeda. Dibagian atas ice cream akan dituangkan balutan coklat cair untuk menambah cita rasa ice cream. Untu ksatu wadah besar ini harganya hanya Rp 55.000 saja. Cukup terjangkau, karena kita dapat 6 scoop ice.

Sumber : julia25chang.wordpress.com

 

Kalian bisa juga memesan hanya satu scoop ice cream, dengan berbagai macam pilihan rasa. Untuk satu scoop nya dikenakan harga Rp 22.000 saja. Citarasa ice cream senikmat ini tidak akan kalian temukan di ice cream yang dijual di toko-toko atau di minimarket. Beda banget, memang ice cream khas olahan rumahan. Makanya tidak bikin batuk.

Sumber : cdninstagram.com

 

Apalagi menu yang bisa dinikmati di Ice Cream Zangrandi Surabaya? Simak ulasan selengkapnya…

 

6. Sate Klopo Ondomohen – Daging Tusuk Dengan Taburan Kelapa Parut yang Lezat

Memang tidak bisa dipungkiri orang madura sangat jago dalam membuat olahan sate, terbukti di kota manapun yang berjualan sate enak sebagian besar adalah orang madura. Salah satu kuliner di Surabaya yang menyajikan menu sate adalah warung Sate Klopo Ondomohen di dekat balaikota Surabaya. Buka dari jam 06.30 hingga 23.30, warung sate ini bisa menghabiskan ribuan tusuk sate dalam sehari. Sangat mengejutkan mengingat ukuran warung yang tidak terlalu besar dan hanya satu lantai.

Berbeda dengan warung sate lain yang menyediakan menu sate dari daging ayam dan kambing, di Sate Klopo Ondohen menyediakan olahan sate dari daging ayam dan sapi.

Sate Klopo Ondomohen

 

Ketika datang ke warung, langsung saja kalian bilang ke kasir menu apa saja yang kalian pesan. Dan langsung pilih tempat duduk. Tidak berselang lama nasi, sate dan minuman pesanan kalian akan segera datang. Memang cara penyajian disini terbilang cukup cepat, karena pekerja yang membakar sate tidak pernah berhenti mengipas. hehehe

Sensasi daging sate yang kering, dibaluri parutan kelapa membuat rasa Sate Klopo Ondomohen terasa begitu gurih. Kalian bisa memadukan dengan bumbu kacang yang sudah disediakan, bebas kalian tambahkan kecap, lombok dan irisan bawang yang sudah disediakan.

Sumber : foreverinmybelly.blogspot.co.id

 

Sebelumnya apakah kalian tahu kenapa sate ini dinamakan “Ondomohen”? Karena disini dulu nama jalannya adalah jalan Ondomohen, yang kemudian oleh pemerintah setempat diganti menjadi Walikota Mustajab untuk mengenang jasa beliau. Di area warung ini juga terbilang sangat sejuk karena di kanan kiri jalan tumbuh pohon-pohon besar yang rimbun.

Satu porsi nasi + sate + minum hanya dihargai Rp 30.000 saja. Wajar saya rasa, mengingat para artis dan pejabat sering datang ke tempat ini. Bisa dilihat di foto-foto yang tertempel di dinding warung. Kalian akan tahu siapa saja artis yang pernah ke warung Sate Klopo Ondomohen Surabaya.

Sumber : rofaramadhani.blogspot.co.id

 

Rute terdekat menuju Sate Klopo Ondomohen lewat jalan apa? Simak ulasan selengkapnya…

 

7. Berburu Olahan Seafood Terbaik di Resto Seafood Layar Surabaya

Restoran di Surabaya yang selalu jadi biang kemacetan di jalan Manyar Kertoardjo setiap malam, terutama saat akhir pekan. Karena begitu ramai pembeli yang datang ke restoran terkenal ini. Parkiran yang cukup luaspun tidak muat menampung mobil-mobil pengunjung sehingga harus meluber ke jalan.

Resto Seafood Layar Surabaya menyajikan makanan olahan hasil laut dengan menggunakan konsep seafood market. Yaitu dengan cara memajang ikan-ikan yang akan diolah, sehingga pengunjung akan mengetahui bahwa ikan yang mereka makan adalah ikan segar yang baru disembelih. Keseruannya berada disini. Tapi tidak sedikit pembeli yang langsung memilih lewat menu, karena malas repot dan kadang ada juga yang jijik jika memilih langsung.

Sumber : tripadvisor.com

 

Meskipun dari luar terlihat megah, tapi interior bagian dalam restoran standard saja. Bagus, tertata rapi, bersih dan ber-AC. Pelayanannya super ramah dan penyajiannya juga cepat. Meskipun ramai, sepertinya karyawan di Resto Layar sudah terbiasa bekerja cepat.

Apa menu favorit di Resto Seafood Layar Surabaya?

Sebagaimana mestinya restoran seafood, yang paling banyak diincar oleh pembeli pasti menu yang tidak bisa dijumpai di restoran bukan seafood. Diantarnya yang paling laris adalah kepiting. Berbagai jenis dan ukuran kepiting disajikan di restoran ini. Meski harganya terbilang lebih mahal dari tempat lain, karena memang restoran ini berkelas, tapi rasanya tidak perlu diragukan lagi. Bahkan bisa dikatakan rasa olahan kepiting di Resto Layar bisa bersaing dengan olahan dari Resto Kepiting Cak Gundul yang merupakan spesialis kuliner laut kepiting.

Buka mulai pukul 11.00 sampai pukul 22.00 setiap harinya, banyak menu lain yang bisa kalian dapatkan disini. Apa saja? Simak ulasan selengkapnya…

Bersambung…

Facebook Comments

Bagikan ke traveler lainnya atau simpan artikel ini di sosial media kamu!