Perhatikan, Inilah Efek Terlalu Lama Melihat Layar Smartphone


Gadget atau smartphone saat ini sangat digandrungi oleh bermacam kalangan manusia, mulai dari balita hingga dewasa tua, dari kalangan biasa hingga para pejabat negara, semuanya ingin menikmatinya. Adanya permintaan yang tinggi terhadap smartphone, menjadi lahan bisnis oleh para investor. Dapat kita saksikan, banyak sekali merek-merek smartphone bermunculan, mulai dari merek ternama, hingga merek yang baru memiliki nama, semua saling bersaing untuk memikat calon pelanggannya.

Tingginya minat masyarakat terhadap smartphone tidak terlepas dari pada beragam fasilitas yang bisa dilakukan hanya dalam genggaman tangan saja, baik itu untuk bekerja maupun hanya bermain saja. Demi mensiasati pergerakan ini, bermunculan pula para programmer yang saling berlomba untuk membuat aplikasi yang menyenangkan, seperti game. Beragam game bisa dimainkan dalam smartphone, hingga menjadikan para konsumen pun ketagihan. 

Munculnya sifat ketagihan ini jika tak diasiasati akan menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan mata si pengguna. Bagaimana tidak, pancaran cahaya dari smartphone itu (apabila terlalu lama melihatnya) akan mengganggu penglihatan. Sebenarnya, apa saja sih efek terlalu lama melihat layar smartphone itu? Berikut detailnya.

Penglihatan Terganggu

Berlama-lama di depan layar smartphone merupakan kebiasaan yang perlu dihindari, karena kebiasaan ini dapat mengakibatkan penglihatan kita terganggu seperti kabur. Mata yang terlalu lama memandangi layar, secara tak sadar membuat menurunnya jumlah kedipan mata dalam hitungan per menit, lalu akibatnya mata menjadi kering. Hal ini diperparah dengan memandanginya dalam keadaan gelap (malam hari), yang bisa saja membuat mata harus bekerja lebih keras lagi, sehingga menjadikan otot-otot mata dipaksan bekerja. Jika hal ini dibiasakan, maka akan berdampak buruk pada kesehatan penglihatan kita.

Membuat Tidur Tak Teratur

Sudah menjadi hal umum bahwa smartphone itu sangat mudah membuat seseorang terpikat dan “gila” terhadapnya. Ya, hal ini memang didasari pada banyaknya fitur yang menyenangkan didalamnya. Hal itu pulalah yang membuat sebagian orang rela menghabiskan waktunya sendirian di kamar seharian, hanya dengan ditemani oleh smartphonenya. Ketika ia berdering, langsung muncul hasrat untuk membacanya, siapa tau itu penting. Belum lagi ditambah dengan banyaknya game yang terinstal didalamnya, membuat si pemilik smartphone “mabuk” dibuatnya, hingga begadang semalaman. 

Kebiasaan ini tentu tak baik bagi kesehatan tubuh, karena tubuh itu butuh waktu istirahat setelah lelahnya seharian beraktivitas. Jika terlalu memaksakan diri begadang hanya demi game dan semacamnya, maka dikhawatirkan akan memicu timbulnya penyakit dalam tubuh kita, seperti sakit kepala, belajar pun susah, hingga obesitas. 

Dua hal kecil di atas, jangan disepelekan ya. Ingat, masa tuamu itu tergantung bagaimana masa mudamu saat ini ya!.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.