Curug Dago: Wisata Air terjun Tersembunyi di Kota Bandung
//GOOGLE
Bagikan ke traveler lainnya atau simpan artikel ini di sosial media kamu!

KelilingKota.com – Bandung merupakan salah satu kota besar di negeri ini yang menawarkan banyak destinasi wisata menarik. Entah itu yang berada di tengah kota atau pun yang berada di pinggiran Bandung. Dan salah satu tempat wisata yang bisa jadi pilihan menarik menghabiskan waktu liburan adalah Curug Dago. Curug Dago ini bisa jadi alternatif jika Anda sudah mulai bosan dengan hingar bingarnya nuansa kota.

Curug Dago merupakan wisata air terjun dengan ketinggian 12 meter. Sekalipun tidak terlalu tinggi, namun Curug ini tetap asyik untuk dinikmati keindahannya. Curug ini sendiri terletak di Desa Kago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung. Karena letaknya di kota inilah, maka Anda bisa dengan mudah mengakses destinasi ini.

Sumber : demholiday.com

 

Rute Menuju Curug Dago

Nah, berbicara mengenai lokasi, pasti sebagian dari Anda akan bertanya-tanya tentang rute menuju ke Curug Dago ini. Jarak Curug Dago dari kota Bandung kurang lebih 8 Km. Dan untuk mencapai tempatnya ada dua jalan alternatif yang bisa ditempuh, pertama Anda bisa lewat jalan di seberang Terminal Dago atau bisa juga melewati Taman Ganesha yang berada di jalan Ir. Djuanda.

Tapi yang amat disayangkan, jalan menuju ke Curug ini hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki atau naik kendaraan roda dua. Jadi bagi Anda yang ingin ke tempat ini menggunakan mobil harus menitipkan kendaraan Anda jauh dari lokasi Curug. Nah, setelah berjalan kaki kurang lebih setengah kilo, maka Anda akan bertemu dengan jalan setapak dan anak tangga menurun yang cukup curam.

Untuk bisa sampai ke Curug Dago ini memang cukup melelahkan, karena Anda masih perlu menuruni banyak anak tangga yang curam dan licin serta berbahaya karena bagian besinya beberapa sudah lapuk dimakan usia. Dan setelah kurang lebih 100 meter melewati anak tangga, maka itu tandanya Anda berhasil sampai ke Curug Dago ini.

Pesona Curug Dago Saat Ini

Saat kita datang ke objek wisata air terjun, maka yang akan terbayang oleh kita adalah gambaran air terjun yang jernih. Namun bayangan seperti itu tidak akan Anda temui  lagi di Curug Dago ini sekarang. Kenapa? Karena Curug Dago sudah banyak mengalami perubahan.

Kondisi air yang berasal dari sungai Cikapundung amat mengkhawatirkan. Air sungainya keruh, berwarna kecoklatan, dan kita akan menemukan banyak sampah di aliran sungai itu.Kenapa hal ini bisa terjadi? Ini dikarenakan sudah banyak pemukiman dibangun di sekitar curug. Selain itu, banyak pabrik-pabrik yang berdampak buruk terhadap ekosistem alam di sekitar Curug Dago ini.

Dengan kondisi yang ada sekarang, ditambah lagi lokasi Curug Dago cukup tersembunyi dan kurangnya promosi, ini menyebabkan Curug Dago sepi pengunjung. Tapi, apakah tidak ada yang istimewa lagi dari Curug Dago ini? Tentunya ada, karena di Curug ini kita akan menemukan peninggalan sejarah dari kerajaan Thailand.

Letak peninggalan sejarah ini tidak jauh dari air terjun. Peninggalan sejarah ini berupa dua buah prasasti batu tulis, yang merupakan peninggalan Raja Rama dari Thailand. Jadi, kalau kita berkunjung ke Curug Dago, selain kita bisa menikmati air terjun, kita pun bisa sekaligus belajar tentang peninggalan-peninggalan sejarah.

Duh, miris juga ya melihat kondisi tempat wisata yang seperti itu. Tapi dengan kondisi yang seperti ini, kita jadi diingatkan untuk lebih peduli terhadap lingkungan, tidak membuah sampah sembarangan, dan memenuhi hak-hak makhluk hidup lain di sekitar kita seperti tanaman.

Oh iya, yang terakhir nih. Tiket masuk ke Curug Dago, hanya dikenakan tarif masuk sebesar Rp 5.000 saja, plus biaya parkir kendaraan. Pilihan wisata alam yang sangat murah tentunya.

Hotel Dekat Terminal Dago Bandung

  1. Take Me Home
  2. De Nuansa Dago
  3. Hotel Bukit Juanda

Di daerah sekitar Terminal Dago juga banyak restoran dan cafe yang patut kalian kunjungi. Diantaranya, Dago Tea House, Kopi Panggang, Warung Taru dan masih banyak yang lainnya.

 

Wisata Air terjun Curug Dago Bandung

Alamat : Jl. Dago Pojok, Dago, Coblong, Dago, Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40135

Telepon : 0822-8052-3211

Facebook Comments

Bagikan ke traveler lainnya atau simpan artikel ini di sosial media kamu!