Danau Situ Patenggang – Destinasi Mempesona di Bandung yang Sangat Sayang di Lewatkan
//GOOGLE
Bagikan ke traveler lainnya atau simpan artikel ini di sosial media kamu!

KelilingKota.com – Akan sangat menyenangkan, apabila Anda duduk di pinggir danau sembari mendengarkan musik dan ditemani makanan ringan. Aktivitas santai dan menggembirakan seperti ini pastinya akan sangat dirindukan banyak orang yang butuh ketenangan. Dan salah satu cara untuk mewujudkannya adalah dengan mengunjungi objek wisata di Bandung yang ada danaunya.

Bicara mengenai danau, Anda perlu tau atau mungkin anda sudah tau, bahwa di Bandung ada wisata danau mempesona yang tentunya sangat mengasyikkan untuk dikunjungi, yaitu Situ Patenggang. Danau ini terletak di daerah Rancabali, tepatnya di Jalan Raya Ciwidey Rancabali, Kabupaten Bandung.

Situ Patenggang memiliki luas kurang lebiih 45.000 Hektar. Dan ini baru luas danaunya saja, belum lagi ditambah cagar alamnya. Jadi kalau ditotal-total, maka luas seluruhnya dari kawasan ini sekitar 123.077,15 Hektar. Wow! Luas juga ya. Kalau tempat wisatanya luas begini, pasti banyak hal bisa Anda lakukan di sini. Jadi semakin penasaran ingin mengenal danau ini lebih dekat ya!

Sumber : initempatwisata.com

 

Sejarah dan Cerita Situ Patenggang

Danau ini dinamai Situ Patenggang, karena danau ini terletak di desa Patengan. Awalnya nama danau ini sama dengan nama desanya, yaitu Situ Patengan, namun karena legenda yang diceritakan turun temurun maka dinamakan Situ Patenggang. Wah menarik nih! Seperti apa ya legenda dari Situ Patenggang ini?

Jadi, patenggang ini kalau diartikan dalam bahasa sunda artinya terpisah jarak dan waktu. Kenapa kata patenggang ini kemudian digunakan sebagai nama danau? Karena konon katanya danau ini adalah danau yang dibuat oleh Ki Santang untuk memenuhi keinginan kekasih hatinya Dewi Lestari. Mereka adalah sepasang kekasih yang sebelumnya terpisah oleh jarak dan waktu karena peperangan yang sangat panjang.

Sumber : anekawisata.com

 

Salah satu bukti dari legenda ini yang bisa Anda lihat, adalah dengan adanya daratan kecil di tengah danau yang bernama pulau Sasuka, atau dalam Bahasa Indonesianya adalah pulau Asmara. Dan sampai sekarang keberadaan pulau ini menjadi mitos, yaitu barangsiapa mengelilingi pulau asmara, maka hubungannya akan langgeng.

Fasilitas yang Disediakan Kawasan Wisata Situ Patenggang

Karena sekarang Situ Patenggang menjadi salah satu tempat wisata yang populer dan banyak dikunjungi wisatawan, oleh karena itu pengelola objek wisata menyediakan beraneka ragam fasilitas. Tujuan utama dari pengadaan fasilitas ini tidak lain supaya pengunjung merasa aman dan nyaman berada di kawasan wisata Situ Patenggang ini.

Sumber : initempatwisata.com

 

Nah, lalu apa saja fasilitas yang disediakan pengelola wisata? Fasilitas yang disediakan meliputi penginapan, area parkir, toilet, gazebo, penyewaan perahu, sepeda air, rumah makan, took buah, took souvenir, dan fasilitas lainnya. Wah, banyak juga ya fasilitasnya! Dengan fasilitas yang lengkap begini, pasti pengunjung akan betah berlama-lama di tempat ini.

Kegiatan Wisata Situ Patenggang

Kegiatan wisata yang biasa dilakukan oleh banyak orang ketika mengunjungi danau adalah dengan menikmati asrinya keindahan alam di sekitar danau atau sekedar berkeliling di tepi danau bersama orang-orang terkasih. Tapi ternyata tidak hanya itu saja yang bisa Anda lakukan saat berada di danau Situ Patenggang ini lho!

Saat berwisata ke Situ Patenggang, Anda bisa mengisi waktu dengan memancing, kan lumayan kalau pulang bisa membawa ikan untuk dimasak. Selain itu Anda juga bisa bermain sepeda air, berjalan-jalan di kebun teh atau mengunjungi batu cinta sekaligus berkeliling Pulau Asmara. Siapa tau dengan begitu jalinan asmara Anda akan langgeng selamanya. Kalau sudah tau banyak hal tentang Situ Patenggang, rasanya akan sangat disayangkan sekali jika tidak berkunjung langsung ke objek wisata saat berada di Bandung.

Apalagi di sekitar danau indah ini juga ada beberapa objek wisata lain seperti Kebun Strawberry Ciwidey dan Kawah Putih Ciwidey.

 

Danau Situ Patenggang

Alamat : Bandung Selatan

Facebook Comments

Bagikan ke traveler lainnya atau simpan artikel ini di sosial media kamu!