Kawah Putih Ciwidey – Destinasi Wisata Eksotis di Bandung
//GOOGLE
Bagikan ke traveler lainnya atau simpan artikel ini di sosial media kamu!

KelilingKota.com – Apakah anda sudah menentukan akan berwisata kemana untuk menghabiskan waktu liburan tahun ini? Atau anda masih bingung memilih destinasi wisata mana yang akan dikunjungi? Jika anda masih bingung, maka tidak ada salahnya jika anda mencari tau dan mengenal lebih dekat objek wisata di sekitar anda.

Dan, salah satu objek wisata yang cukup dekat dari arah Jabodetabek, dan cukup recomended untuk dikunjungi adalah Kawah Putih Ciwidey. Objek wisata yang satu ini merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup terkenal di kota Bandung. Untuk mencapai lokasi wisata ini, kita perlu menempuh jarak sekitar 50 Km dari pusat kota Bandung.

Sumber : tempatberwisatamurah.com

 

Seperti namanya, Kawah Putih adalah tempat wisata berbentuk kawah yang terisi air dan membentuk danau. Disebut Kawah Putih, karena tanah di sekitar danau itu berwarna putih. Dengan warnanya yang putih itulah, maka anda akan merasa seperti berada di negara empat musim jika berkunjung ke sini.

Kondisi Geografis Kawah Putih Ciwidey

Ketika ingin mengenal suatu tempat wisata, maka akan kurang rasanya jika kita tidak mengetahui letak geografis dari tempat wisata tersebut. Oleh karena itu, anda akan kami ajak mengenali kondisi geografis dari Kawah Putih Ciwidey yang terletak di Bandung ini.

Sumber : hargasurabaya.com

 

Kawah Putih ini terletak di kawasan pegunungan. Ketinggian tempat ini dari permukaan laut kurang lebih 2400 meter. Dengan ketinggiannya, bisa dibayangkan betapa dinginnya suhu udara di tempat ini, kan? Suhu udara di sini berkisar antara 8 sampai dengan 22 derajat celcius. Dan itu mengapa, anda disarankan untuk mengenakan jaket tebal jika ke tempat ini.

Sejarah Kawah Putih Ciwidey

Selain kondisi geografis, tak ada salahnya jika anda juga mengenal sejarah atau asal usul terbentuknya Kawah Putih Ciwidey ini. Konon katanya, kawah Putih ini terbentuk pada abad ke-10, di mana ketika itu terjadi letusan Gunung Patuha, yang merupakan cikal bakal Kawah Putih.

Setelah terjadinya letusan Gunung Patuha tersebut, kawasan ini dianggap oleh masyarakat sebagai tempat yang angker. Pasalnya, tidak ada burung yang berani terbang di sekitar tempat tersebut. Namun, seiring kemajuan zaman, anggapan masyarakat pun berubah. Dan hingga pada tahun 1837 ada ahli Botani yang melakukan penelitian di kawasan itu. Peneliti bernama Dr. Fransz Wilhelm Junghuhn ini menemukan keberadaan sebuah danau yang airnya berwarna putih, dengan aroma belerang yang menyengat.

Sejak ditemukan oleh peneliti tersebut, maka kawasan kawah putih menjadi terkenal, sehingga  pada akhirnya dikelola oleh pemerintah dan berkembang hingga seperti sekarang ini. Dan sekarang kita bisa menikmati indahnya suasana serba putih dengan danau yang airnya dapat berubah warna.

Sumber : initempatwisata.com

 

Sumber : nativeindonesia.com

 

Fasilitas yang Ditawarkan Kawah Putih Ciwidey

Setelah dikembangkan menjadi kawasan wisata pegunungan, maka saat berkunjung ke tempat ini, anda akan dijamu dan disuguhi beraneka fasilitas. Tentunya setelah anda membayar tiket masuknya. Nah, fasilitas yang sediakan pengelola tempat wisata demi kenyamanan anda meliputi area parkir, Mushola, transportasi dari gerbang hingga ke kawah, restoran dan tempat makan, pusat informasi, serta toilet.

Sumber : kawahputihciwidey.com

 

Keindahan Alam Kawah Putih Ciwidey

Jika anda pertama kali berkunjung ke Kawah Putih Ciwidey, mungkin anda akan merasa takjub, karena tempat ini tidak ada ubahnya dengan negeri dongeng, dengan hamparan putih di sekitar anda. Kawah ini sebagian besar warnanya putih dengan danau yang airnya berwarna kehijauan dan dapat pula berubah warna menjadi putih.

Setelah lelah bersenang-senang dan menikmati keindahan alam disini, tentu kalian ingin mencari tempat penginapan dengan suasana mendukung dan harga yang terjangkau. Silakan ikut referensi dari Tim KelilingKota.com. Hotel di Kawah Putih Bandung

  1. Patuha Resort
  2. Saung Gawir Ciwidey
  3. Kampung Pa’Go Ciwidey

 

Kawah Putih Ciwidey Bandung 

Alamat: Jl. Raya Soreang Ciwidey, Sugihmukti, Pasirjambu, Bandung, Jawa Barat 40973

Jam buka: 08.00–17.00

Facebook Comments

Bagikan ke traveler lainnya atau simpan artikel ini di sosial media kamu!