Lontong Balap Garuda Pak Gendut Langganan ‘Ahmad Dhani’
//GOOGLE
Bagikan ke traveler lainnya atau simpan artikel ini di sosial media kamu!

KelilingKota.com – Lontong balap kuliner asli Surabaya yang menyehatkan, ringan dan punya banyak penggemar. Entah kenapa di tengah kota Surabaya yang panasnya aduhai, kuliner di Surabaya ini tidak pernah sepi pengunjung. Sebelumnya Lontong Balap Garuda Pak Gendut yang didirikan mulai tahun 1956 ini berjualan di jalan Kranggan, namun sejak beberapa tahun lalu karena terkena pelebaran jalan, terpaksa harus pindah ke Jl Dr Moestopo, tepatnya di seberang Kantor PDAM Surabaya. Meskipun pindah, tapi tetap saja ramai pembeli, karena memang sudah jadi legenda.

Artis senior Ahmad Dhani, saat pulang kampung ke Surabaya selalu menyempatkan mampir ke kuliner legendaris ini. Keren yah! Dalam sehari, warung Lontong Balap Garuda Pak Gendut bisa menjual 200 hingga 300 porsi lontong balap. Belum termasuk sate kerangnya.

Sumber : lontongbalap-aslipakgendut.com

 

Sebelum mengulas menu lontong balapnya, ada beberapa cerita kenapa kuliner ini dinamakan lontong balap. Ada beberapa versi cerita yang berbeda. Pertama, ada yang menyebut dulu para pedagang lontong ini secara berombongan suka balapan rombong seusai berjualan sambil bercanda. Menurut versi kedua, pedagang lontong ini dulu suka saling pinjam alat memasak sehingga terkesan balapan jualan. Versi mana ya yang benar?

Menu Makanan di Lontong Balap Garuda Pak Gundul

Saat datang ke warung ini, kalian akan menjumpai sajian sepiring lontong balap tersaji bersama lentho (bentuknya seperti perkedel) yang dibuat dari kacang merah. Kalian juga bisa memesan menu tambahan sepuluh tusuk sate kerang dengan taburan bawang goreng yang lezat. Apalagi ketika sudah di mix dengan sambal petis udang khas Sidoarjo. Mantap banget!

Sumber : wijanarko.net

 

Sumber : lontongbalap-aslipakgendut.com

 

Perlu diketahui, bahan baku pembuatan lontong balap sangat sederhana. Tapi sangat menyehatkan, irisan lontong, irisan tahu goreng kecil-kecil, dan taoge (kecambah dalam bahasa jawa) yang disiram air panas sehingga setengah matang. Setelah di campurkan dalam satu piring kemudian ditambahkan kuah panas, dan ditaburkan irisan daun bawang, bawang goreng serta ditambahkan kecap manis.

Citarasa lontong balap khas Surabaya ini sangat dipengaruhi oleh cara memasak dan peralatan yang digunakan. Apalagi disini masih menggunakan peralatan sederhana, tentu citarasanya akan tetap bertahan dari generasi ke generasi. Selain itu, kenikmatan lontong balap juga sangat dipengaruhi oleh kuahnya. Menurut pemilik, kuah lontong balap disini dimasak menggunakan kuali tanah untuk mempertahankan citarasanya.

Bukan hanya itu, memasaknya pun tidak menggunakan LPG atau gas, masih mempertahankan menggunakan arang kayu dan batok kelapa. Kebayang kan seperti apa repotnya memasak lontong balap ini agar tetap terjaga kualitasnya.

Namun demikian, harga menu yang ditawarkan terbilang masih sangat-sangat murah. Seporsi lontong balap hanya dihargai Rp 12.000. Untuk sate kerang, cukup merogoh kocek Rp 12.000 per 10 tusuk. Sementara es degan bisa dinikmati dengan harga Rp 7.000 per porsi.

Padahal di Lontong Balap Garuda Pak Gendut sambal petis udang yang dihidangkan di meja makan bukan sambal petis biasa. Tetapi hanya menggunakan petis dari Kabupaten Sidoarjo yang sudah terkenal citarasanya. Harganya juga tidak bisa dibilang murah lho, coba deh cari di Sidoarjo. Selain itu lentho yang digunakan murni terbuat dari kacang dan beras merah, ditaburi garam, daun jeruk, merica, dan ketumbar sebagai pelezatnya.

Perlu kalian ketahui juga bahwa lentho di Lontong Balap Cak Gendut sangat renyah, itu karena lentho disini tidak menggunakan tambahan campuran tepung. Murni bahan-bahan tadi yang kemudian dihaluskan dan dibentuk oval.

Nah, seperti itu tadi ulasan dari tim Keliling Kota. Kebayang kan enaknya kuliner di Surabaya ini. Jika ada waktu main ke Surabaya bisa sempatkan mampir ya. Posisi warungnya sangat dekat dengan Stasiun Gubeng, Balaikota Surabaya, RSUD Dr Soetomo, Grand City Mall, WTC Surabaya dan tempat vital lain di Surabaya.

Setelah menikmati kuliner ini, jika kalian ini makanan super pedas ada salah satu kuliner hits di Surabaya. Kober Mie Setan yang hanya berjarak kurang dari 1 km. Ada juga kuliner legendaris di Surabaya, Soto Ayam Ambengan Pak Sadi.

Hotel Daerah Dr Soetomo Surabaya

  1. Hotel New Coklat
  2. Hotel Sahid Surabaya
  3. Oriza Hotel Surabaya

 

Lontong Balap Garuda Pak Gendut

Alamat : Jalan Professor Doktor Musotopo No. 11, Pacar Keling, Tambaksari, Pacar Keling, Tambaksari, Kota SBY, Jawa Timur 60131

Telepon : 0815-5116-202

Jam buka : 09.00–20.00

Facebook Comments

Bagikan ke traveler lainnya atau simpan artikel ini di sosial media kamu!