Museum Geologi Bandung, Destinasi Bersejarah Untuk Memperkaya Wawasan Anda
//GOOGLE
Bagikan ke traveler lainnya atau simpan artikel ini di sosial media kamu!

KelilingKota.com – Ketika anda dan keluarga ingin berlibur ke Bandung, tidak ada salahnya menjadikan Museum Geologi Bandung menjadi tujuan menghabiskan waktu liburan bersama keluarga. Di Museum ini anda bisa mengajak sang buah hati atau keponakan anda, karena Museum Geologi Bandung merupakan salah satu tempat yang bukan hanya mejadi tempat hiburan tetapi juga bisa memperkaya wawasan mengenai pendidikan geologi untuk mereka.

Sejarah mengenai Museum Bandung

Hadirnya Museum ini tidak terlepas dari keberadaan Belanda dahulu, karena pada waktu itu para ahli Eropa tengah gencar-gencarnya melakukan kegiatan geologi dan tambang pada wilayah Indonesia yang dimulai dari pertengahan abad ke 17.

Sadar mengenai pentingnya penguasaan bahan galian diwilayah Nusantara, membuat pemerintah Hindia belanda pada tahun 1850 membentuk lembaga Dienst Van Het Mijnwezen.

Sumber : indonesia.travel

 

Koleksi yang ada di Museum Geologi Bandung lantai 1

Pada lantai 1 Museum ini ada 3 ruang utama yang memiliki fungsi berbeda-beda pada setiap ruangannya. Berikut penjelasannya

  1. Ruang orientasi di bagian tengah, ruang ini mempunyai isi yaitu peta geografi Indonesia berbentuk relief layar lebar yang menayangkan mengenai kegiatan geologi dan ada yang menarik, yaitu museum dalam bentuk animasi,dan bagian-bagian lain yang sengaja tidak disebutkan disini agar anda bisa mencari tahu dan berpetualang menelusuri bagian – bagian di museum tersebut
  2. Ruang Sayap Barat, dikenal sebagai ruangan khusus untuk Geologi Indonesia, yang memiliki beberapa ruang diantaranya adalah ruangan yang memberikan hipotesis terjadinya bumi pada sistem tata surya, dan juga ada penjelasan mengenai geologi pulau di Indonesia, jika anda penasaran sperti apa penjelasannya, jika ke Bandung bisa mampir ke Museum tersebut.
  3. Ruang Sayap Timur, merupakan ruangan yang akan menjelaskan mengenai evolusi makhluk hidup, terlepas mengenai benar atau tidaknya evolusi tersebut, kemudian kumpulan fosil tengkorak dari manusia-purba yang telah ditemukan di Indonesia. Kemudian ada juga sejarah dari pembentukan Danau Bandung purba yang cukup melegenda

Sumber : tesyaskinderen.com

 

Sumber : anekatempatwisata.com

 

Koleksi yang ada di Museum Geologi Bandung lantai 2

Pada lantai 2 ini terbagi menjadi 3 bagian seperti di lantai pertama tadi, yaitu bagian timur, kemudian bagian tangah, dan terkahir bagian barat. Ketiga bagian tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda pada tiap ruangannya. Berikut penjelasan lengkapnya.

  1. Ruang Timur lantai 2 Museum Geologi Bandung, mempunyai 7 ruangan kecil yang memberikan suatu informasi mengenai aspek positif dan negatif dari tatanan geologi yang berada di kehidupan manusia, terutama di Indonesia.
  2. Ruang Tengah Museum Geologi Bandung, memiliki informasi tentang maket emas yang menjadi maket pertambangan emas terbesar didunia, yang terletak di kawasan Irian Jaya.
  3. Ruangan Barat lantai 2 pada Museum merupakan ruangan yang disediakan untuk staf Museum.

Sumber : escaped-traveler.com

 

Kegiatan wisata pada Museum Geologi Bandung

 Pada Museum ini biasanya digunakan untuk pembelajaran bagi siswa sekolah untuk memperkaya wawasan mereka, selain mengenal bermacam- macam koleksi yang ada dimuseum ini. Pengunjung bisa mempeljarai mengenai bumi, bencana alam, kemudian cara mengolah sumber daya enegri, dan lain sebagianya yang berhubungan dengan geologi dapat anda pelajari di Museum ini

Sumber : myeatandtravelstory.wordpress.com

 

Alamat Museum Geologi Bandung

 Jika anda ingin berkunjung ke Museum ini, bisa anda temukan di alamat Jl Diponegoro Nomor 57 Bandung yang juga dekat dengan gedung sate.

Tiket dan Jam buka Museum Geologi Bandung

Jika anda ingin masuk bersama keluarga anda ke Museum Geologi Bandung ini, tiket yang harus anda bayar sebesar 2000 rupiah untuk pelajar, kemudian 3000 rupiah untuk wisatawan lokal, dan 10 ribu untuk wisatawan mancanegera.

Museum ini dibuka mulai dari pukul 9 pagi sampai jam setengah 4 sore WIB dan bisa juga tutup pukul setengah 2, tergantung hari pada waktu itu. Untuk hari Jumat dan libur nasional Museum ini ditutup.

Setelah puas berkeliling museum ini, jika ingin lanjut ke wisata lain ada beberapa tempat wisata yang bisa kalian kunjungi di dekat Museum Geologi Bandung. Diantaranya, Gedung Sate, Museum Pos Indonesia dan Taman Lansia.

Hotel Sekitar Jalan Diponegoro Bandung

  1. Vio Hotel Surapati
  2. Citarum Hotel
  3. Vio Hotel Cimanuk
  4. Selaras Guest House
  5. Hotel Supratman

 

Museum Geologi Bandung

Alamat: Jl. Diponegoro No. 57, Cihaurgeulis, Cibeunying Kaler, Cihaur Geulis, Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat 40122

Jam buka : 08.00–16.00

Telepon : (022) 7213822

Facebook Comments

Bagikan ke traveler lainnya atau simpan artikel ini di sosial media kamu!