Pesona Keindahan Gunung Tangkuban Perahu yang Melegenda
//GOOGLE
Bagikan ke traveler lainnya atau simpan artikel ini di sosial media kamu!

KelilingKota.com – Siapa yang tak mengenal Gunung Tangkuban Perahu yang begitu tersohor dengan legendanya itu. Gunung ini terletak di Kabupaten Bandung, tepatnya di daerah Lembang. Jika anda ingin mengunjungi gunung ini, maka anda bisa datang ke sana antara pukul 08.00 sampai pukul 17.00 setiap harinya.

Jika anda berminat mengunjungi tempat wisata ini, maka anda perlu mengutamakan kenyamanan dan keselamatan selama berwisata. Oleh karena itu, kami menyarankan anda untuk membawa jaket yang tebal agar terhindar dari dingin, masker untuk menutup hidung dari gas sulfur, dan anda perlu mengenakan sepatu yang nyaman untuk melangkah di daerah pegunungan yang tentunya lumayan menantang.

Sumber : wisata-kita.com

 

Nah, sebelum kita membahas tentang berbagai keindahan yang di suguhkan gunung ini, alangkah baiknya jika kita sempatkan untuk mengenang kembali legenda Gunung Tangkuban Perahu yang mungkin dulu menjadi kisah dongeng menarik yang sering kali kita dengar saat kecil.

Legenda Gunung Tangkuban Perahu

Jika kita mendengar kata Gunung Tangkuban Perahu di sebutkan, maka yang terasosiasi di kepala kita adalah kisah tentang Sangkuriang. Sangkuriang yang membunuh ayahnya sendiri yang berwujud anjing, sehingga di usir oleh ibunya Dayang Sumbi. Konflik yang terjadi pada legenda ini terjadi ketika Sangkuriang menyukai dan ingin menikahi ibunya yang sudah tidak di kenalinya.

Tapi tentunya pernikahan antara ibu dan anak tidak boleh terjadi. Dayang Sumbi yang mengetahui fakta bahwa Sangkuriang adalah anaknya, berusaha mencari cara untuk menolak, dan akhirnya meminta Sangkuriang membuat perahu yang harus ia selesaikan sebelum ayam berkokok dini hari.

Apakah Sangkuriang berhasil menyelesaikan perahunya? Jika saat itu Sangkuriang berhasil menyelesaikan perahunya, maka bisa di pastikan legenda Gunung Tangkuban Perahu ini tidak akan pernah ada sampai sekarang. Saat itu Sangkuriang gagal, karena merasa kecewa dan geram, maka perahu yang belum selesai tadi ia lempar. Dan bentuk puncak Gunung Tangkuban Perahu yang menyerupai perahu itu disinyalir adalah perahunya Sangkuriang yang terbalik.

Entah benar atau tidaknya legenda ini, tapi kita memang menemukan sebuah fakta, bahwa bagian puncak Gunung Tangkuban Perahu berbentuk perahu yang terbalik. Dan apapun itu faktanya, tentu hal tersebut tidak begitu penting sekarang, karena yang terpenting saat ini di tempat tersebut berdiri megah sebuah gunung yang kaya akan keindahan alamnya yang bisa membuat banyak pengunjung terhibur dan merasa lebih fresh pikirannya.

Keindahan yang Ditawarkan Gunung Tangkuban Perahu

Seperti kebanyakan gunung lainnya, di Gunung tangkuban perahu menawarkan pemandangan menghijau pepohonan yang rindang dan udara sejuk khas pegunungan. Terlebih apabila sudah mencapai di puncak, maka anda akan bisa melihat keindahan alam sekeliling anda yang bak lukisan penuh pesona, sebagai bukti kebesaran Tuhan YME, karena telah menciptakan maha karyanya yang luar biasa.

Sumber : anekatempatwisata.com

 

Namun keindahan pesona Gunung Tangkuban Perahu bukan hanya terletak pada pemandangan menghijau dan udara segarnya saja. Melainkan juga ada beberapa destinasi kawah cantik yang ada di sekitar puncak gunung.

Dan semua kawah yang ada, memiliki nama sendiri-sendiri yang cukup unik. Diantaranya Kawah Ratu, Kawah Jurig, Baru, Domas, Jurian, Upas, Lanang, Siluman, Ecoma, dan kawah Pangguyangan Badak. Tentunya semua kawah tersebut menawarkan keindahan masing-masing yang tiada duanya.

Sangat menarik bukan? Selain untuk membuktikan sendiri bentuk gunung yang melegenda, semua keseruan berwisata alam bisa anda dapatkan dengan sempurna saat berkunjung ke Gunung Tangkuban Perahu ini.

Harga Tiket Masuk ke Gunung Tangkuban Perahu

Perorang dikenakan biaya sebesar Rp 20.000, biaya yang sangat terjangkau untuk wisata seindah ini. Kemudian selain tiket masuk, akan ada biaya parkir untuk Motor sebesar Rp 12.000, Mobil Rp 25.000 dan Bus Rp 110.000

 

Gunung Tangkuban Perahu

Tangkuban Parahu atau Gunung Tangkuban Perahu adalah salah satu gunung yang terletak di Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

Ketinggian: 2.084 m

Ketinggian relatif: 707 m

Letusan terakhir: 2015

Facebook Comments

Bagikan ke traveler lainnya atau simpan artikel ini di sosial media kamu!