Rawon Setan Mbak Endang Surabaya
//GOOGLE
Bagikan ke traveler lainnya atau simpan artikel ini di sosial media kamu!

KelilingKota.com – Selalu ada yang seru jika berbicara tentang kuliner di Surabaya. Ada Kober Mie Setan, Bebek Goreng Sinjay, Ice Cream Zangrandi. Bukan hanya itu, keseruan akan terus berlanjut sampai tim Keliling Kota merasa lelah update website ini. hehe. Salah satu kuliner yang aneh dan tidak akan kalian jumpai di tempat lain adalah Rawon Setan Mbak Endang Surabaya.

Berada di seberang jalan Hotel JW Marriott, warung nasi rawon ini sangat mudah ditemukan. Karena termasuk berada di pusat kota. Rawon Setan di beberapa kota sudah mulai bermunculan, tapi yang pertama di Indonesia adalah milik Mbak Endang ini. Mungkin karena merknya belum dipatenkan ya, sehingga banyak yang meniru nama ini.

Sumber : aluvimoto.wordpress.com

 

Sumber : aluvimoto.wordpress.com

 

Banyak yang bilang kenapa warung rawon ini diberi nama setan? Karena di tabel menunya tidak ada harganya, jadi kayak setan. 😀 Padahal sebenarnya bukan karena itu. Dulu warung ini buka mulai jam 22.00 malam hingga pagi. Nah, jam yang sama dengan jam keluar hantu itupun menjadi cikal-bakal nama ‘setan’.

Tapi saat ini Rawon Setan Mbak Endang Surabaya sudah buka lebih lama. Pada hari Minggu hinga Selasa buka mulai pukul 07.30 – 22.00 WIB, sedangkan untuk hari Rabu sampai Sabtu buka mulai pukul 07.30 – 03.30 WIB.

Seperti pada umumnya, Rawon Setan Mbak Endang berwarna gelap efek dari adanya kluwek yang merupakan tumbuhan pelengkap masakan ciri khas masakan orang Jawa Timur. Rawon Setan Embong Malang ini menyajikan potongan daging ukuran besar yang khas untuk rawon sehingga lebih terasa mantap, tidak menggunakan daging jeroan. Sayuran yang digunakan yaitu tauge/toge, dan ditambahkan juga irisan jeruk nipis bagi kalian yang ingin sensasi sedikit rasa asam atau kecut (bahasa jawa).

Sumbre : bayupapz.com

 

Harga 1 porsi Rawon Setan yang lezat hanya dibandrol sekitar Rp 25.000, jika kalian ingin menambah telur asin harganya Rp 6.000,-. Dan untuk 1 paket paru sekitar Rp 21.000,- saja. Ternyata di dinding warung legendaris ini tertempel foto-foto pejabat yang sering makan disini. Diantaranya mantan Presiden SBY, Gubernur Jatim PakDe Karwo, dan juga artis papan atas Krisdayanti, Anang-Ashanty, Bunga Citra Lestari.

Sumber : hellosurabaya.com

 

Selain menu utama yang disajikan, di meja makan juga akan disajikan lauk tambahan jika kalian menginginkan. Ada tempe goreng, telur asin, empal daging, telur pindang, dan perkedel kentang. Diantara lauk tambahan yang paling cocok tentu adalah telur asin, apalagi jika ditambahkan kerupuk udang dan sambal ke dalam rawon. Perfect!

Oh iya, disini kalian bisa memesan rawon dengan nasi terpisah maupun campur. Tergantung selera masing-masing.

Sumber : titofebrian.com

 

Itulah sekilas review dari tim Keliling Kota mengenari Nasi Rawon Setan di Embong Malang ini. Jika kebetulan kalian mampir ke kota Surabaya, sempatkan mampir ke tempat ini. Tempatnya gampang ditemukan kok, ada di dekat pusat perbelanjaan terbesar di Surabaya, Tunjungan Plaza atau TP Mall.

Jika kalian ingin mencari penginapan dan hotel di dekat Rawon Setan Mbak Endang, kalian bisa mengikuti referensi dari tim Keliling Kota.

Hotel Daerah Embong Malang Surabaya

  1. JW Marriott Surabaya
  2. Amaris Hotel
  3. Hotel 88

 

Rawon Setan Mbak Endang Surabaya

Alamat : Jl. Embong Malang No. 78 / II, Genteng, Surabaya, Kota SBY, Jawa Timur 60261

Jam Buka :

Rabu – Sabtu : 07.30 – 03.30 WIB.

Minggu – Selasa : 07.30 – 22.00WIB.

Facebook Comments

Bagikan ke traveler lainnya atau simpan artikel ini di sosial media kamu!