Referensi Wisata Bersejarah di Bandung yang Sayang Untuk di Lewatkan
//GOOGLE
Bagikan ke traveler lainnya atau simpan artikel ini di sosial media kamu!

KelilingKota.com – Bandung selain terkenal dengan wisata alamnya yang begitu indah, di kota tersebut juga menyimpan berbagai macam pesona wisata sejarah yang sayang untuk di lewatkan. Nah, dari sekian banyak wisata bersejarah yang ada di Bandung, berikut ini kami akan ulas 5 tempat yang bersejarah yang kami rekomendasikan untuk anda kunjungi.

Daftar wisata bersejarah di Bandung

Wisata sejarah di Gedung Sate

Jika berbicara mengenai Bandung, tentu salah satu bangunan ikonik di kota tersebut, salah satunya adalah Gedung Sate. Terlebih, karena bangunan yang menjadi ikon Bandung tersebut telah menjadi gedung pusat dari pemerintahan Provinsi Jawa Barat. Di tambah dengan desain arsitekturnya yang terbilang unik, yaitu karena bagian atapnya yang menyerupai sate, maka tak heran jika bangunan ini tak pernah sepi dari para pengunjung, atau wisatawan. Baik itu wisatawan lokal maupun asing. Semua yang mampir kesana tentu tak pernah lupa mengabadikan momen saat di gedung tersebut.

Sumber : anjjabar.go.id

 

Pada menara gedung Sate ini terdapat suatu ruangan yang tersimpan replika makanan dan kebudayaan Sunda. Jika anda dan keluarga ingin berakhir pekan ke Bandung, bisa mampir ke Gedung Sate yang beralamat di Jalan Diponegoro No. 22, Kota Bandung

Wisata sejarah di Gedung Merdeka

Pada bulan April ditahun 1955 Gedung Medeka menjadi saksi dilaksanakannya Konferensi Asia Afrika yang dihadiri berbagai Negara dari Asia dan Afrika. Selain dijadikan tempat untuk Konferensi Asia Afrika, gedung ini juga pernah menjadi saksi pertemuan Konstituante RI, dan perstiwa bersejarah lainnya. Nah, jika anda ingin melihat secara langsung gedung tersebut, anda bisa mengunjungi  Jl. Asia Afrika no.65, Kota Bandung

Sumber : dolandolen.com

 

Wisata Sejarah Di Goa Belanda dan Goa Jepang

Ketika anda berkunjung ke Goa Belanda dan Goa Jepang, anda dapat merasakan sensasi pengalaman saat berada di jaman penjajahan dahulu. Karena Goa Belanda ini merupakan salah satu Goa yang menjadi peninggalan pada zaman penjajahan Belanda.  Goa tersebut berada di Jl. Ir.H.Djuanda no.99, Dago Pakar, Kota Bandung.

Dulunya Goa ini menjadi terowongan untuk PLTA yang mempunyai 15 lorong dan beberapa ruangan untuk ruang kamar, serta menjadi tempat istirahat bagi para serdadu belanda, kemudian juga terdapat ruangan penjara, dan ruang yang lain.

Sumber : umarrojana.blogspot.com

 

Tidak jauh dari Goa Belanda, sekitar 400 meter perjalanan anda akan menemukan Goa Jepang yang berada satu kawasan dengan Goa Belanda, yaitu di Taman Hutan Raya Juanda. Goa ini dulunya dimanfaatkan sebagai persembunyian dan tempat berkumpul tentara Jepang dalam mengatur strategi, serta pada waktu itu juga digunakan untuk tempat pertahanan dari militer Jepang.

Dua goa ini tidak hanya menjadi wisata bersejarah, tapi juga menjadi sebuah wisata mistis di Bandung. Berani kesini?

Wisata Sejarah di Gedung Jaarbeurs.

Untuk mengembangkan pariwisata Bandung pada zaman dulu, lembaga pada masa Kolonial menggelar pameran tahunan yang dinamakan Jaarbeurs. Dan hingga sekarang tradisi tersebut tetap di laksanakan namun berubah nama menjadi Braga Festival. Gedung Jaarbeurs ini bisa anda temukan di Jl. Aceh no.50, Kota Bandung.

Sumber : hallooudebandoeng.blogspot.com

 

Wisata Sejarah di Gedung Indonesia Menggugat.

Mendengar dari nama Gedungnya saja, dapat membuat orang penasaran, sebenarnya bagaimana sejarah dari gedung tersebut? Jika dilihat dari jauh, Gedung ini terlihar seperti rumah tinggal, namun ternyata Gedung ini memiliki nilai sejarah yang penting untuk Negeri Indonesia.

Sumber : intisari-online.com

 

Dulu tempat ini pernah menjadi saksi diadilinya Presiden Soekarno dan para pejuang yang lain mengenai tuduhan yang ingin menjatuhkan pemerintah Hindia Belanda. Kemudian Presiden Soekarno menjawab tuduhan tersebut dengan gugatan yang dikenal dengan nama “Indonesia Menggugat”.

Itulah kenapa Gedung ini dinamakan Gedung Indonesia Menggugat. Gedung yang sekarang digunakan untuk tempat pameran atau ruang pertemuan ini berlokasi di Jl. Perintis Kemerdekaan no.5, Kota Bandung.

Facebook Comments

Bagikan ke traveler lainnya atau simpan artikel ini di sosial media kamu!