Sego Sambel Iwak Pe Mak Yeye Wonokromo Surabaya
//GOOGLE
Bagikan ke traveler lainnya atau simpan artikel ini di sosial media kamu!

KelilingKota.com – Warung sederhana dengan atap terpal bertopang kayu ini pernah menjadi latar belakang iklan Google di televisi. Sego Sambel Iwak Pe Mak Yeye dengan menu andalan nasi sambal (sego sambel) dan ikan pari (iwak pe), kuliner ini selalu dipadati pengunjung setiap malam, meskipun tempatnya hanya di depan teras sebuah toko elektronik di gang kecil. Para pembeli kebanyakan tidak mendapatkan tempat duduk sehingga harus rela duduk bersila di depan toko-toko di dekat kuliner ini. Tapi ini adalah sebuah hal biasa. Bahkan menjadi ciri khas kuliner ini, dan menambah keseruan makan larut malam disini. (bukan makan malam, karena bukanya mulai jam 22.00 hehe)

Serunya lagi, untuk mendapatkan makanan Sego Sambel Mak Yeye disini kita harus rela antri berdiri dan rebutan dengan pembeli lainnya. Jadi siap-siap upacara ya kalau mau makan disini. Tapi semua capek yang akan kalian rasakan hilang seketika ketika sudah menyantap kuliner pedas ini. Pantas saja jadi icon kuliner kota Surabaya!

Sumber : tripadvisor.com

 

Sumber : gaztrogram.blogspot.co.id

 

Warung legendari yang dibuka pada tahun 1982 sejak Mak Yeye masih cantik seger waras ini buka mulai pukul 22.00 sampai 04.00 dini hari, tidak hanya laki-laki saja yang menghampiri tempat ini. Banyak juga kok wanita yang kelaparan malam hari dan mampir kesini. Bahkan Bapak Kapolrestabes Surabaya juga pernah tertangkap basah makan disini bersama jajarannya. hehehe

Bagi kalian yang tidak terlalu suka pedas, disini bisa minta pelayan untuk menambahkan gula pasir ke sambalnya. Jadi persentase pedasnya akan berkurang dan bercampur dengan rasa manis. Mantap deh pokoknya.

Dulu, saat awal buka harga nasi sambal ini hanya Rp 7.500. Seiring dengan harga kebutuhan pokok naik, sekarang untuk mendapatkan 1 piring nasi + ikan pari panggang + telur + tempe hanya dikenakan harga Rp 15 ribu. Murah banget kan! Kalau kalian tidak terlalu suka dengan ikan pari (iwak pe), bisa hanya menggunakan telur dan tempe dipatok dengan harga Rp 10 ribu.

Sumber : wemeup.com

 

Untuk minuman harus beli di warung sebelah, karena Mak Yeye tidak melayani. Segelas Es Teh harganya Rp 3 ribu.

Biasanya pengunjung khawatir jika mau mengunjungi kuliner Mak Yeye ini, karena tempatnya di gang sempit. Takut tidak mendapat parkir. Jangan khawatir, disini banyak tukang parkir yang akan membantu mencarikan lahan. Yang penting datang dulu, makan enak, murah. Masalah parkir biar Tuhan yang atur, eh biar tukang parkir yang atur.

Dijamin, meskipun kepedesan sampai keringat bercucuran deras, kalian akan kangen kembali lagi kesini. Kalian akan lupa capeknya antri dan rapatnya parkiran disini jika mengingat 1 porsi nasi iwak pe + tempe + telur + es tehnya.

Sego Sambel Iwak Pe Mak Yeye ini juga sangat dekat dengan 2 pusat perbelanjaan, DTC Mall dan Royal Plaza Surabaya. Selain itu ke Kebun Binatang Surabaya juga tidak terlalu jauh, juga ke Taman Bungkul.

Hotel Sekitar Wonokromo Surabaya

  1. Oval Hotel
  2. Hotel Fortuna
  3. Novotel Surabaya

 

Sego Sambel Iwak Pe Mak Yeye Wonokromo Surabaya

Alamat : Jl. Jagir Wonokromo Wetan No.12, Jagir, Wonokromo, Kota SBY, Jawa Timur 60244

Jam buka : 21.00–04.00

Facebook Comments

Bagikan ke traveler lainnya atau simpan artikel ini di sosial media kamu!